Jumat, 31 Agustus 2012

PEMETAAN BAHASA JAWA

PEMETAAN STANDAR ISI 1

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa
Jawa


1.Mendengarkan sandiwara.
A2
1.       Mampu mengungkapkan isi sandiwara secara tertulis dalam                                           berbagai ragam bahasa Jawa
2.        Mampu mnjelaskan unsur    intrinsik sandiwara
3.       Mampu menuliskan rangkuman isi sandiwara.
4.       Mampu menceriterakan kembali isi sandiwara.
A1


A2

A2

B2
Sandiwara

V




V



V





















2 jam

Mengetahui :                                                                                                                                                                     Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,   .                                                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran,


   

        MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                                                                   DARYATA, S. Pd
            NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                                                             NIP. 19680310 200212 1 003



                                                                                                                                                                                                                                                               

Silabus dan Sistem Penilaian  1 

                                                                                    Sekolah                                    : SMP
                                                                                    Mata pelajaran               : Bahasa Jawa
                                                                                    Kelas/ Semester                        : IX /  1
                                                                                    Standar Kompetensi           : Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa
        

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran *)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
  Karakter

Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1Mendengarkan sandiwara.
Sandiwara

a. mendengarkan dan melihat ( menyimak ) sandiwara yang diputar guru.
b. mengungkapkan isi sandiwara secara tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa
c. bersama guru menjelaskan unsur    intrinsik sandiwara

d.  menuliskan rangkuman isi saandiwara

e. menceriterakan kembali isi sandiwara

3Mampu menuliskan rangkuman isi sandiwara.
4Mampu menceriterakan kembali isi sandiwara.

Tugas individu





Tugas individu

Tugas individu


Tugas individu


Tertulis






Tertulis


Tertulis



Lisan

1.       Sapa bae paraga ing crita Geng Metal?

2.       Kepiye watake paraga-paraga mau siji-sijine?

3. Tulisen maneh crita Geng Metal nganggo ukaramu dhewe!
4. Majua siji-siji, critakna maneh Geng Metal sing wis diringkes nganggo ukaramu dhewe!

2 jam
KBJ Klas I X
Rasa percaya diri






PEMETAAN STANDAR ISI 2

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu membaca
bacaan sastra,
 nonsastra
dalam berbagai
teknik membaca,
dan bacaan
berhuruf Jawa

Membaca pemahaman bacaan sastra(cerita wayang Ramayana)atau bacaan nonsastra dengan tema tertentu
C3
1.    .Mampu menyebutkan dan menuliskan topik bacaan.
2.     Menjawab dan mengajukan pertanyaan.
3.     Mampu menuliskan kembali bacaan ke ragam bahasa lain (ngoko ke krama).
 4 . Mampu menjelaskan karakter tokoh-tokoh cerita pewayangan.
5.     Mampu menceritakan kembali baik lisan maupun tertulis dengan bahasa sendiri.
.
A1

A2

A2


A1


A2

Ramayana



V




V


V

V















V



2 jam

 Mengetahui :                                                                                                                             Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,




   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003



Silabus dan Sistem Penilaian  2
                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
                        Standar Kompetensi                  : Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa    

Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
  Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Ramayana
a.       menyebutkan dan menuliskan topik bacaan


b.      Menjawab pertanyaan bacaan


c.       menuliskan kembali bacaan ke ragam bahasa lain (ngoko ke krama) .

d.      menjelaskan karakter tokoh-tokoh cerita pewayangan.



e.       menceritakan kembali baik lisan maupun tertulis dengan bahasa sendiri


1.Mampu menyebutkan dan menuliskan topik bacaan.
2 Menjawab dan mengajukan pertanyaan.
3 Mampu menuliskan kembali bacaan ke ragam bahasa lain (ngoko ke krama).
4 Mampu menjelaskan karakter tokoh-tokoh cerita pewayangan.
5 Mampu menceritakan kembali baik lisan maupun tertulis dengan bahasa sendiri.

Tugas
individu


tugas individu


tugas individu






Tugas individu



Tertulis



Tertulis




Tertulis



Tertulis



lisan
1. Sebutna topik wacan
 alinea 1.


2. Aslinipun Ramayana menika saking pundi, lan sinten ingkang nganggit?
3. Tulisen maneh wacan ing dhuwur nganggo basa krama alus!

4. Kepriye watake Ramawijaya ing crita Ramayana?



5. Majua critakna maneh apa sing wis kowaca!
2 jam
KBJ Klas IX
Percaya diri






PEMETAAN STANDAR ISI 3

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf
Jawa.

Menulis pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko dan krama.

C3
1. Mampu menulis angka Jawa secara terpisah
2. Mampu mengurutkan angka Jawa yang diacak
3. Mampu menulis angka Jawa dalam kalimat
4  Mampu menulis paragraf  huruf jawa dengan penerapan.
C1

C2


C3

C3

Angka Jawa



V

V


V

V






2 jam

Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,




   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003


                                                                                                                                                                                               

Silabus dan Sistem Penilaian  3
                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
        

Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menulis pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko dan krama.

Angka Jawa
a.   menulis angka Jawa secara terpisah

b.   Siswa mengurutkan angka   Jawa,yang diacak



c.   Siswa menulis angka Jawa dalam kalimat


d.   Siswa menulis paragraf  huruf jawa dengan penerapan angka Jawa


1. Mampu menulis angka Jawa secara terpisah
2 Mampu mengurutkan angka Jawa yang diacak
3 Mampu menulis angka Jawa dalam kalimat
4  Mampu menulis paragraf  huruf jawa dengan penerapan
Tugas individu
Tertulis

Paragraf 2, wiwit: Klas 9 iki …  tulisen aksara Jawa! Aja lali aksara Jawa nullise nggantung !

2 jam
KBJ Klas IX
Bangga dan percaya diri

                                                                                                                                                                                                           







PEMETAAN STANDAR ISI 4

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf
Jawa.

Berdialog dengan warga masyarakat
C3
1.   menentukan  kerangka topik dialog.
2.    mengembangkan topik dialog menjadi teks.
3.    melakukan dialog sesuai dengan teks yang dibuat.
4.    menjawab pertanyaan yang terkait dengan dialog.
5.    menyebutkan jenis kalimat dialog
A1

A2

C3
C3

C3

Dialog





V
V

V

V

V
2 jam

Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,



   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003



Silabus dan Sistem Penilaian  4
                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
                                       Standar Kompetensi               : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melaui bercerita dalm berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
        

Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Karekter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Berdialog dengan warga masyarakat.
Dialog
1.       Secara berkelompok menentukan kerangka topik dialog.
2.       Mengembangkan topik dialog menjadi teks.

3.       Melakukan dialog dengan pedagang sesuai dengan teks yang dibuat.

4.       Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan dialog.

5.       Menyebutkan jenis kalimat dialog.
1.   menentukan  kerangka topik dialog.
6.    mengembangkan topik dialog menjadi teks.
7.    melakukan dialog sesuai dengan teks yang dibuat.
8.    menjawab pertanyaan yang terkait dengan dialog.
9.    menyebutkan jenis kalimat dialog
Tugas kelompok

Tugas kelompok

Tugas kelompok

Tugas kelompok


Tugas individu
Tertulis


Tertulis


Lisan


Lisan



tertulis



1. Gawea cengkorongan bab sing arep koktakokke marang sawijining bakul!
2. Cengkorongan sing wis kokgawe, gawea ukara sing ganep!
3. Ukara – ukara sing wis kogawe praktekna !

4. Pira oleh-olehane anggone dodol saben dina?


5. Sebutna jenise ukara sing koenggo omong – omongan karo bakul!
2 jam
KBJ Klas IX
Kerja
sama







PEMETAAN STANDAR ISI 5

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu membaca bacaan sastra nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Membaca paragraf berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa
C3
1.  mampu membaca angka berhuruf jawab dengan lancar
2.       mampu men nunjukan angka yang dimaksud dalam bacaan
3.       mampu membaca bacaan barhuruf jawab yang menerangkan angka jawa
4.       mampu mengubah bacaan kedalam huruf latin
5.       mampu menjawab pertanyaanbacaan dengan huruf jawa
6.       mampu melengkapi kalimat rumpangdengan kata yang tepat
                  
C3

A1

C3


C3

A2


A2

Angka Jawa



V





V
V



V







V




V
2 jam
           
Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,




   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003



Silabus dan Sistem Penilaian  5
                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
                                       Standar Kompetensi               : Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.                           
Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Membaca paragraf berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa
Angka Jawa
1.       membaca angka berhuruf Jawa dengan lancar


2.       menunjukan angka yang dimaksud dalam bacaan


3.       membaca bacaan barhuruf jawab yang menerangkan angka jawa


4.       mengubah bacaan kedalam huruf latin

5.       menjawab pertanyaanbacaan dengan huruf jawa


6.       melengkapi kalimat rumpangdengan kata yang tepat
                  
1.  mampu membaca angka berhuruf jawab dengan lancar
7.       mampu men nunjukan angka yang dimaksud dalam bacaan
8.       mampu membaca bacaan barhuruf jawab yang menerangkan angka jawa
9.       mampu mengubah bacaan kedalam huruf latin
10.   mampu menjawab pertanyaanbacaan dengan huruf jawa
11.   mampu melengkapi kalimat rumpangdengan kata yang tepat
                  
Tugas individu


Tugas individu


Tugas individu



Tugas individu

Tugas individu

Tugas individu
Lisan



Lisan



Lisan




Lisan


Lisan


Lisan

1. Wacanen angka iki!
(soal di RPP)


2. Angka ing ukara sepisan kuwi nuduhake angka pira?


3. Wacanen paragraf iki!
    (soal di RPP)

 

4. Owahana wacan kuwi  dadi aksara Latin

  
2 jam
KBJ Klas
IX
Percaya diri
 




PEMETAAN STANDAR ISI 12

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf
Jawa.

Menulis susastra sederhana, misalnya geguritan atu cerita rakyat
C3
1.  mampu menentukan kerangka topik karangan
2.       mampu menjelaskan aspek yang diperhatikan dalam menulis sastra
3.       mampu mengembang kerangka topik menjadi cerita/geguritan
4.       mampu mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik dan benar
5.       mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis 
A1

A2

A2

C3

A2

Cerita rakyat



V





V

V



V

V
2 jam
           
Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,


   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003


                                                                                                           
Silabus dan Sistem Penilaian  12 
                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
   Standar Kompetensi            : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.     

Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan

Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menulis susastra sederhana, misalnya geguritan atu cerita rakyat.
Cerita rakyat
1.       menentukan kerangka topik karangan


2.       menjelaskan aspek yang diperhatikan dalam menulis sastra


3.       mengembang kerangka topik menjadi cerita/geguritan



4.       mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik dan benar



5.       menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis 
1.  mampu menentukan kerangka topik karangan
6.       mampu menjelaskan aspek yang diperhatikan dalam menulis sastra
7.       mampu mengembang kerangka topik menjadi cerita/geguritan
8.       mampu mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik dan benar
9.       mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis 
Tugas individu


Tugas individu



Tugas individu



Tugas individu



Tugas individu
Tertulis



Tertulis




Tertulis




Tertulis




Lisan

1.  Gawea cengkorongan cerita!


2.  Apa wae sing kudu digatekake rikala nggawe cerita ?


3.  Cengkorongan mau gawea cerita!


4.  Owahana cerita iki dadi geguritan sing apik!

5.  Wenehanan conto crita rakyat!
2 jam
KBJ Klas IX
Percaya diri
     





PEMETAAN STANDAR ISI 7

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh
Bercerita tentang adat istiadat
C3
1.  Mampu menyebutkan macam adat istiadat Jawa dengan referensi yang jelas.
2.       Mampu menyusun kerangka topik adt yang akan diceritakan.
3.       Mampu mengembangkan kerangka topik adat yang akan diceritakan.
4.       Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
5.       Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian.
6.       Mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita.
A1


A2

C3

C3

B2

A2

Cerita adat istiadat sebelum pernikahan

V






V

V

V




V

V
2 jam
           
Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,




   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003



Silabus dan Sistem Penilaian  7 
                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
                                       Standar Kompetensi               : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melalui bercerita dalam bernagai ragm bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh.
Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Bercerita tentang adat istiadat
Cerita adat istiadat sebelum pernikahan
1.       menyebutkan macam adat istiadat dengan referensinya.




2.       Menyusun kerangka topik adat yang akan diceritakan.


3.       Mengembangkan kerangka topik adat yang akan diceritakan.


4.       Bercerita sesuai dengan teks yang disusun.

5.       Menilai cerita teman dengan memberi alan penilaian.
6.       Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan cerita.
1.  Mampu menyebutkan macam adat istiadat Jawa dengan referensi yang jelas.
7.       Mampu menyusun kerangka topik adt yang akan diceritakan.
8.       Mampu mengembangkan kerangka topik adat yang akan diceritakan.
9.       Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
10.   Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian.
11.   Mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita.
Tugas individu




Tugas individu


Tugas individu



Tugas individu

Tugas individu


Tugas individu
Lisan





Tertulis



Tertulis




Lisan


Lisan



Lisan


1. Sebutna adat istiadat sadurunge nikah!




2. Gawea cengkorongan adat sing arep  kocritakake!


3. Gawea cengkorongan mau dadi crita sing ganep.



4. Ceritakna adat sing wis kotulis!

5. Wenehana biji kancamu anggone maju.
6. Adat siraman kuwi adat ana ing ngendi
2 jam
KBJ Klas IX
Bangga dan percaya diri
                                                                                                                       


PEMETAAN STANDAR ISI 8

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu membaca bacaan sastra nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Membaca indah Dhandhanggula
C3
1.  Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang dhandhanggula.
2.       Mampu membaca titilaras tembang dhandhanggula.
3.       Mampu menembangkan tembang dhandhanggula sesuai dengan titilaras.
4.       Mampu memparafrase tembang dhandhnggula.
5.       Mampu menjawab pertanyaan tembang dhandhanggula.
A2

C3

C3


C3

A2

Tembang Dhandhanggula

V


V

V







V

V
2 jam
           
Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,




   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003



Silabus dan Sistem Penilaian  8

                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
                                       Standar Kompetensi               : Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
        

Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan

Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Membaca indah Dhandhanggula
Tembang Dhandhanggula
1.       Menjelaskan ciri tembang Dhandhanggula.


2.       Membaca titilaras Dhandhanggula.

3.       Menembangkan dhandhanggula.




4.       Memfaraprase tembang Dhandhanggula.


5.       Menjawab pertanyaan tembang.
1.  Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang dhandhanggula.
6.       Mampu membaca titilaras tembang dhandhanggula.
7.       Mampu menembangkan tembang dhandhanggula sesuai dengan titilaras.
8.       Mampu memparafrase tembang dhandhnggula.
9.       Mampu menjawab pertanyaan tembang dhandhanggula.
Tugas individu


Tugas individu

Tugas individu




Tugas individu


Tugas individu
Tertulis



Lisan


Lisan





Tertulis



Tertulis

1. Apa cirine tembang Dhandhanggula?


2.  Wacanen titilaras tembang Dhandhanggula!

3. Tembangke tembang Dhandhanggula!




4.  Parafrasena tembang Dhandhanggula!


5. Pira guru gatrane tembang Dhandhanggula?

2 jam
KBJ Klas IX
Percaya diri






PEMETAAN STANDAR ISI 9

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf
Jawa.

Menulis paragraf berhuruf Jawa dengan menerapkan angka Jawa.
C3
1.  Mampu menulis angka Jawa secara terpisah.
2.   Mampu mengurutkan angka Jawa yang diacak.
3.   Mampu menulis angka Jawa dalam kalimat.
4.   Mampu menulis paragraf huruf Jawa dengan penerapan angka Jawa.
C3

A1

C3

C3

Tembang Dhandhanggula



V

V

V

V
2 jam
           
Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,




   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                     NIP. 19680310 200212 1 003



Silabus dan Sistem Penilaian  9
                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
              Standar Kompetensi            : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.

        

Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan

Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menulis paragraf berhuruf Jawa dengan menerapkan angka Jawa.
Penerapan angka Jawa
Dalam paragraf
1.       menulis angka Jawa secara terpisah.

2.       mengurutkan angka Jawa yang diacak.


3.       menulis angka Jawa dalam kalimat.

4. menulis paragraf huruf Jawa dengan penerapan angka Jawa.
1.  Mampu menulis angka Jawa secara terpisah.
5.       Mampu mengurutkan angka Jawa yang diacak.
6.       Mampu menulis angka Jawa dalam kalimat.
7.       Mampu menulis paragraf huruf Jawa dengan penerapan angka Jawa.
Tugas individu

Tugas individu


Tugas ndividu

Tugas individu
Tertulis


Tertulis



Tertulis


Tertulis

1. Tulisen angka iki!
     (soal di RPP)

2.  Urutna angka-angka iki wiwit saka sing cilik!


3. Tulisen ukara iki nganggo aksara lan angka Jawa!  (soal di RPP)
4. Owahana wacan kuwi  dadi aksara Jawa!

2 jam
KBJ Klas IX
Percaya diri










PEMETAAN STANDAR ISI 10

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh
Bercerita tentang adat-istiadat
C3
1. mampu menyebut macam adat  istiadat Jawa dengan                                                                 referensi  yang jelas                                                2. Mampu menyusun kerangka topik    adat yang akan                                                              diceritakan                                                       3. Mampu mengembangkan kerangka topik cerita menjadi                                                               konsep teks cerita                                                      4. Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.                                                      5. Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan                                         6. Mampu menjawab pertanyaan yang  terkait dengan cerita

A1


C3


A2



C3

B2

A2


Cerita adat istiadat pernikahan/sesudahnya

V









V

V

V




V


V
2 jam
           
Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,



   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003

Silabus dan Sistem Penilaian  10                      
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
                                       Standar Kompetensi            : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, perasaan secara lisan melalui bercerita dalam                                                             berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh
Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan

Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Bercerita tentang adat-istiadat
Cerita adat istiadat pernikahan/sesudahnya
1. menyebut macam adat istiadat Jawa dengan                                                                 referensi  yang jelas
                                                      2. menyusun kerangka topik adat yang akan                                                              diceritakan
                                                      3. mengembangkan kerangka topik cerita menjadi                                                           konsep teks cerita
                                                      4. Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.                                                      5. Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan                                     
6. Mampu menjawab pertanyaan yang  terkait dengan cerita

1. mampu menyebut macam adat istiadat Jawa dengan                                                                 referensi  yang jelas                                                      2. Mampu menyusun kerangka topik adat yang akan                                                              diceritakan                                                       3. Mampu mengembangkan kerangka topik cerita menjadi                                                               konsep teks cerita                                                      4. Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.                                                      5. Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan                                         6. Mampu menjawab pertanyaan yang  terkait dengan cerita

Tugas individu


Tugas individu



Tugas individu




Tugas individu

Tugas individu

Tugas individu
Tertulis






Tertulis



Tertulis
Lisan








1.       pilih salah siji topik iki: mantenan, sunatan, tingkeban/ngandheg 7 sasi, tedhak siten/selapanan( upacara bayi nembe lair umur selapan/35 dina).
2.       Ngrembakake topik kanthi cara sing wis diterangake, yakuwi: apa, sapa, kepiye, geneya, kapan.
3.       Tulisen urut-urutan mau .
4.   critakna asil tulisanmu ana ngarep kelas, majua siji-siji, sukur tanpa teks!

2 jam
KBJ Klas IX
Percaya diri
                                                                                               




PEMETAAN STANDAR ISI 11

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu membaca bacaan sastra nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan, bacaan berhuruf Jawa

Membaca nyaring cerita wayang Ramayana
C3
1 Mampu membaca dengan suara yang jelas.
2 Mampu melafalkan kata-kata dengan lafal, intonasi, ejaan yang benar.
3 Mampu membaca nyaring dengan suara lagu, intonasi,ekspresi  dan lafal yang tepat
4   Mampu menjelaskan isi bacaan .
5  Mampu menuliskan kembali isi    bacaan secara ringkas
6  Mampu menuliskan alur cerita setiap adegan

C3


C3


C3


A2

A2

A2
Lakon Ramayana sesudah pengembaraan Rama.










V
V


V


V











V

V
2 jam
           
Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,




   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003



Silabus dan Sistem Penilaian  11
                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
                                       Standar Kompetensi             : Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa
Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan

Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Membaca nyaring cerita wayang Ramayana
Lakon Ramayana sesudah pengembaraan Rama.
1. membaca dengan suara yang jelas

2. melafalkan kata-kata dengan lafal, intonasi, ejaan yang benar.

3. membaca nyaring dengan suara lagu, intonasi,ekspresi  dan lafal yang tepat


4. menjelaskan isi bacaan

5. menuliskan kembali isi    bacaan secara ringkas

6. menuliskan alur cerita setiap adegan
1 Mampu membaca dengan suara yang jelas.
2 Mampu melafalkan kata-kata dengan lafal, intonasi, ejaan yang benar.
3 Mampu membaca nyaring dengan suara lagu, intonasi,ekspresi  dan lafal yang tepat
4   Mampu menjelaskan isi bacaan .
5  Mampu menuliskan kembali isi    bacaan secara ringkas
6  Mampu menuliskan alur cerita setiap adegan
Tugas individu


Tugas individu


Tugas individu




Tugas individu


Tugas individu



Tugas individu
Lisan


Lisan




Lisan





Tertulis



Tertulis




Tertulis

1.       Wacanen wacan iki kanthi swara sing cetha!

2.       Ucapna tembung-tembung ing ngisor iki kanthi pocapan sing bener!


3.       Wacanen wacan iki kanthi swara sing cetha lan lagu sing bener!
4.       Apa isine wacan mau?
5.       Tulisen ringkesane crita mau!

6.       Tulisen alur crita mau !


2 jam
KBJ Klas IX
Percaya diri





PEMETAAN STANDAR ISI 6

MATA PELAJARAN      : BAHASA JAWA                                                                                             KELAS/SEMESTER            :  IX/ Gasal

SK

KD

THP

INDIKATOR

THP

MATERI POKOK
RUANG LINGKUP *)
ALOKASI WAKTU

1

2

3

4

Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf
Jawa.

Menulis susastra sederhana, misalnya geguritan atau cerita                                                           rakyat

C3
1.  Mampu menentukan kerangka topik karangan
2 . Mampu menjelaskan aspek yang diperhatikan dalam menulis sastra
3.  Mampu mengembang kerangka topik menjadi cerita /geguritan
4.  Mampu mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik dan benar
5 . Mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis
A1

A2


C3

C3


A2



Geguritan

V

V






V





V


V


2 jam
           
Mengetahui :                                                                                                                               Penawangani, 16 Juli 2012
          Kepala Sekolah,      .                                                                                                                  Guru Mata Pelajaran,



   

      MOH. AMIN, M. Pd                                                                                                              DARYATA, S. Pd
          NIP. 19631012 198601 1 004                                                                                                      NIP. 19680310 200212 1 003


Silabus dan Sistem Penilaian  6
                                       Sekolah                                 : SMP
                                       Mata pelajaran                        : Bahasa Jawa
                                       Kelas/ Semester                     : IX /  1
                                   Standar Kompetensi        : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf berhuruf Jawa.

 

        

Kompetensi Dasar
Uraian dan Pokok  Materi
Pengalaman Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Karakter
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Menulis susastra sederhana, misalnya geguritan atau cerita                                                           rakyat

Geguritan
1. menjelaskan aspek yang diperhatikan dalam menulis sastra
2. menentukan kerangka topik karangan

3. mengembangkan kerangka topik menjadi cerita /geguritan
4. mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik dan benar
5. menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis

1.  Mampu menentukan kerangka topik karangan
2 Mampu menjelaskan aspek yang diperhatikan dalam menulis sastra
3 Mampu mengembang kerangka topik menjadi cerita /geguritan
4 Mampu mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik dan benar
5 Mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis
Tugas individu




Tugas individu
Tertulis







Tertulis

1.             Gawea geguritan kanthi cara kaya ngarep, yaiku goleka ide, critakna ide mau, banjur gawenen geguritan, yen wis rmpung, wenehana irah-irahan.
2.             Ide sing bisa dipilih upamane:
a. Ketiga  suwe durung udan
b.      Lalu lintas sing saben esuk macet
c. Katresnanmu marang kanca sakelas
d.      Bektimu marang wong tuwa
        e.  Bektimu marang nusa lan bangsa

2 jam
KBJ Klas IX
Percaya diri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar