PEMETAAN STANDAR ISI 1
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu
mendengarkan dan memahami wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa
Jawa
|
1.Mendengarkan sandiwara.
|
A2
|
1. Mampu mengungkapkan isi sandiwara secara tertulis dalam berbagai
ragam bahasa Jawa
2. Mampu mnjelaskan
unsur intrinsik sandiwara
3. Mampu menuliskan rangkuman isi sandiwara.
4. Mampu menceriterakan kembali isi sandiwara.
|
A1
A2
A2
B2
|
Sandiwara
|
V
|
V
V
|
|
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA,
S. Pd
NIP. 19631012 198601 1 004
NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem Penilaian 1
Sekolah :
SMP
Mata
pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/
Semester : IX
/ 1
Standar
Kompetensi : Mampu mendengarkan dan memahami wacana lisan
dalam berbagai ragam bahasa Jawa
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran *)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1Mendengarkan
sandiwara.
|
Sandiwara
|
a. mendengarkan dan melihat ( menyimak ) sandiwara yang diputar guru.
b. mengungkapkan isi sandiwara secara tertulis
dalam berbagai ragam bahasa Jawa
c. bersama guru menjelaskan unsur intrinsik sandiwara
d.
menuliskan rangkuman isi saandiwara
e. menceriterakan
kembali isi sandiwara
|
1Mampu mengungkapkan isi sandiwara secara tertulis dalam berbagai
ragam bahasa Jawa 2Mampu mnjelaskan unsur
intrinsik sandiwara
3Mampu menuliskan
rangkuman isi sandiwara.
4Mampu
menceriterakan kembali isi sandiwara.
|
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Lisan
|
1.
Sapa bae paraga ing
crita Geng Metal?
2.
Kepiye watake
paraga-paraga mau siji-sijine?
3. Tulisen maneh crita Geng Metal nganggo ukaramu dhewe!
4. Majua siji-siji, critakna maneh Geng Metal
sing wis diringkes nganggo ukaramu dhewe!
|
2 jam
|
KBJ Klas I X
|
Rasa percaya diri
|
PEMETAAN STANDAR ISI 2
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu membaca
bacaan
sastra,
nonsastra
dalam
berbagai
teknik
membaca,
dan bacaan
berhuruf Jawa
|
Membaca pemahaman
bacaan sastra(cerita wayang Ramayana)atau bacaan nonsastra dengan tema
tertentu
|
C3
|
1. .Mampu menyebutkan dan menuliskan topik bacaan.
2. Menjawab dan
mengajukan pertanyaan.
3. Mampu menuliskan
kembali bacaan ke ragam bahasa lain (ngoko ke krama).
4 . Mampu
menjelaskan karakter tokoh-tokoh cerita pewayangan.
5. Mampu
menceritakan kembali baik lisan maupun tertulis dengan bahasa sendiri.
.
|
A1
A2
A2
A1
A2
|
Ramayana
|
|
V
V
V
|
V
|
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem
Penilaian 2
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar Kompetensi :
Mampu membaca bacaan sastra,
nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Ramayana
|
a.
menyebutkan dan menuliskan topik bacaan
b.
Menjawab pertanyaan bacaan
c.
menuliskan kembali bacaan ke ragam
bahasa lain (ngoko ke krama) .
d.
menjelaskan karakter tokoh-tokoh
cerita pewayangan.
e.
menceritakan kembali baik lisan
maupun tertulis dengan bahasa sendiri
|
1.Mampu
menyebutkan dan menuliskan topik bacaan.
2 Menjawab
dan mengajukan pertanyaan.
3 Mampu
menuliskan kembali bacaan ke ragam bahasa lain (ngoko ke krama).
4 Mampu
menjelaskan karakter tokoh-tokoh cerita pewayangan.
5 Mampu
menceritakan kembali baik lisan maupun tertulis dengan bahasa sendiri.
|
Tugas
individu
tugas individu
tugas individu
Tugas individu
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
lisan
|
1.
Sebutna topik wacan
alinea 1.
2. Aslinipun Ramayana menika saking pundi, lan sinten ingkang nganggit?
3.
Tulisen maneh wacan ing dhuwur nganggo basa krama alus!
4. Kepriye watake
Ramawijaya ing crita Ramayana?
5.
Majua critakna maneh apa sing wis kowaca!
|
2 jam
|
KBJ
Klas IX
|
Percaya diri
|
PEMETAAN STANDAR ISI 3
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan
menulis paragraf berhuruf
Jawa.
|
Menulis
pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko dan krama.
|
C3
|
1. Mampu menulis angka Jawa secara terpisah
2. Mampu mengurutkan angka Jawa yang diacak
3. Mampu menulis angka Jawa dalam kalimat
4 Mampu
menulis paragraf huruf jawa dengan
penerapan.
|
C1
C2
C3
C3
|
Angka Jawa
|
|
|
|
V
V
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem Penilaian 3
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar Kompetensi : Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan
perasaan dalam berbagai jenis karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh
dan menulis paragraf berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Menulis
pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko dan krama.
|
Angka Jawa
|
a. menulis angka Jawa secara terpisah
b. Siswa mengurutkan angka Jawa,yang diacak
c. Siswa menulis angka Jawa dalam kalimat
d. Siswa menulis paragraf huruf jawa dengan penerapan angka Jawa
|
1. Mampu menulis angka Jawa secara terpisah
2 Mampu mengurutkan angka Jawa yang diacak
3 Mampu menulis angka Jawa dalam kalimat
4 Mampu menulis
paragraf huruf jawa dengan penerapan
|
Tugas individu
|
Tertulis
|
Paragraf 2, wiwit: Klas 9 iki … tulisen aksara Jawa! Aja lali aksara Jawa
nullise nggantung !
|
2 jam
|
KBJ Klas IX
|
Bangga dan percaya diri
|
PEMETAAN STANDAR ISI 4
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan
menulis paragraf berhuruf
Jawa.
|
Berdialog
dengan warga masyarakat
|
C3
|
1. menentukan
kerangka topik dialog.
2.
mengembangkan topik dialog menjadi
teks.
3.
melakukan dialog sesuai dengan teks
yang dibuat.
4.
menjawab
pertanyaan yang terkait dengan dialog.
5.
menyebutkan jenis kalimat dialog
|
A1
A2
C3
C3
C3
|
Dialog
|
|
V
V
V
|
|
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem
Penilaian 4
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar
Kompetensi : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan
perasaan secara lisan melaui bercerita dalm berbagai ragam bahasa Jawa sesuai
unggah-ungguh.
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karekter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Berdialog
dengan warga masyarakat.
|
Dialog
|
1.
Secara berkelompok menentukan
kerangka topik dialog.
2.
Mengembangkan topik dialog menjadi
teks.
3.
Melakukan dialog dengan pedagang
sesuai dengan teks yang dibuat.
4.
Menjawab pertanyaan yang berkaitan
dengan dialog.
5.
Menyebutkan jenis kalimat dialog.
|
1. menentukan
kerangka topik dialog.
6.
mengembangkan topik dialog menjadi
teks.
7.
melakukan dialog sesuai dengan teks
yang dibuat.
8.
menjawab
pertanyaan yang terkait dengan dialog.
9.
menyebutkan jenis kalimat dialog
|
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Tugas individu
|
Tertulis
Tertulis
Lisan
Lisan
tertulis
|
1.
Gawea cengkorongan bab sing arep koktakokke marang sawijining bakul!
2.
Cengkorongan sing wis kokgawe, gawea ukara sing ganep!
3.
Ukara – ukara sing wis kogawe praktekna !
4.
Pira oleh-olehane anggone dodol saben dina?
5.
Sebutna jenise ukara sing koenggo omong – omongan karo bakul!
|
2 jam
|
KBJ
Klas IX
|
Kerja
sama
|
PEMETAAN
STANDAR ISI 5
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu membaca bacaan sastra nonsastra dalam berbagai
teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
|
Membaca paragraf
berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa
|
C3
|
1. mampu membaca angka berhuruf jawab dengan
lancar
2.
mampu men nunjukan angka yang
dimaksud dalam bacaan
3.
mampu membaca bacaan barhuruf jawab
yang menerangkan angka jawa
4.
mampu mengubah bacaan kedalam huruf
latin
5.
mampu menjawab pertanyaanbacaan
dengan huruf jawa
6.
mampu melengkapi kalimat
rumpangdengan kata yang tepat
|
C3
A1
C3
C3
A2
A2
|
Angka
Jawa
|
|
V
V
|
V
V
|
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem
Penilaian 5
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar
Kompetensi : Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai
teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Membaca paragraf berhuruf Jawa
yang menerapkan angka Jawa
|
Angka Jawa
|
1.
membaca angka berhuruf Jawa dengan lancar
2.
menunjukan angka yang dimaksud dalam bacaan
3.
membaca bacaan barhuruf jawab yang menerangkan angka jawa
4.
mengubah bacaan kedalam huruf latin
5.
menjawab pertanyaanbacaan dengan huruf jawa
6.
melengkapi kalimat rumpangdengan kata
yang tepat
|
1. mampu membaca angka berhuruf jawab dengan
lancar
7.
mampu men nunjukan angka yang
dimaksud dalam bacaan
8.
mampu membaca bacaan barhuruf jawab
yang menerangkan angka jawa
9.
mampu mengubah bacaan kedalam huruf
latin
10. mampu
menjawab pertanyaanbacaan dengan huruf jawa
11. mampu
melengkapi kalimat rumpangdengan kata yang tepat
|
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
|
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
Lisan
|
1.
Wacanen angka iki!
(soal
di RPP)
2. Angka ing ukara
sepisan kuwi nuduhake angka pira?
3.
Wacanen paragraf iki!
(soal di RPP)
4.
Owahana wacan kuwi dadi aksara Latin
|
2 jam
|
KBJ
Klas
IX
|
Percaya
diri
|
PEMETAAN STANDAR ISI 12
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis
paragraf berhuruf
Jawa.
|
Menulis
susastra sederhana, misalnya geguritan atu cerita rakyat
|
C3
|
1. mampu menentukan kerangka topik karangan
2.
mampu menjelaskan aspek yang
diperhatikan dalam menulis sastra
3.
mampu mengembang kerangka topik
menjadi cerita/geguritan
4.
mampu mengedit hasil tulisan menjadi
tulisan yang baik dan benar
5.
mampu menjawab pertanyaan yang
terkait dengan kegiatan menulis
|
A1
A2
A2
C3
A2
|
Cerita rakyat
|
|
V
V
|
|
V
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan
Sistem Penilaian 12
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar Kompetensi : Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis
paragraf berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Menulis susastra
sederhana, misalnya geguritan atu cerita rakyat.
|
Cerita rakyat
|
1.
menentukan kerangka topik karangan
2.
menjelaskan aspek yang diperhatikan
dalam menulis sastra
3.
mengembang kerangka topik menjadi
cerita/geguritan
4.
mengedit hasil tulisan menjadi tulisan
yang baik dan benar
5.
menjawab pertanyaan yang terkait
dengan kegiatan menulis
|
1. mampu menentukan kerangka topik karangan
6.
mampu menjelaskan aspek yang
diperhatikan dalam menulis sastra
7.
mampu mengembang kerangka topik
menjadi cerita/geguritan
8.
mampu mengedit hasil tulisan menjadi
tulisan yang baik dan benar
9.
mampu menjawab pertanyaan yang
terkait dengan kegiatan menulis
|
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Lisan
|
1. Gawea
cengkorongan cerita!
2. Apa wae
sing kudu digatekake rikala nggawe cerita ?
3.
Cengkorongan mau gawea cerita!
4. Owahana
cerita iki dadi geguritan sing apik!
5.
Wenehanan conto crita rakyat!
|
2 jam
|
KBJ
Klas IX
|
Percaya
diri
|
PEMETAAN STANDAR ISI 7
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh
|
Bercerita
tentang adat istiadat
|
C3
|
1. Mampu menyebutkan macam adat istiadat Jawa
dengan referensi yang jelas.
2.
Mampu menyusun kerangka topik adt
yang akan diceritakan.
3.
Mampu mengembangkan kerangka topik
adat yang akan diceritakan.
4.
Mampu bercerita sesuai dengan teks
yang disusun.
5.
Mampu menilai cerita teman dengan
memberi alasan penilaian.
6.
Mampu menjawab pertanyaan yang
terkait dengan cerita.
|
A1
A2
C3
C3
B2
A2
|
Cerita adat istiadat sebelum pernikahan
|
|
V
V
V
V
|
|
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem Penilaian 7
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar
Kompetensi : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan
perasaan secara lisan melalui bercerita dalam bernagai ragm bahasa Jawa sesuai
unggah-ungguh.
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Bercerita
tentang adat istiadat
|
Cerita adat
istiadat sebelum pernikahan
|
1.
menyebutkan macam adat istiadat
dengan referensinya.
2.
Menyusun kerangka topik adat yang
akan diceritakan.
3.
Mengembangkan kerangka topik adat
yang akan diceritakan.
4.
Bercerita sesuai dengan teks yang
disusun.
5.
Menilai cerita teman dengan memberi
alan penilaian.
6.
Menjawab pertanyaan yang sesuai
dengan cerita.
|
1. Mampu menyebutkan macam adat istiadat Jawa
dengan referensi yang jelas.
7.
Mampu menyusun kerangka topik adt
yang akan diceritakan.
8.
Mampu mengembangkan kerangka topik
adat yang akan diceritakan.
9.
Mampu bercerita sesuai dengan teks
yang disusun.
10. Mampu
menilai cerita teman dengan memberi alasan penilaian.
11. Mampu
menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita.
|
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
|
Lisan
Tertulis
Tertulis
Lisan
Lisan
Lisan
|
1. Sebutna adat istiadat sadurunge nikah!
2. Gawea cengkorongan adat sing arep kocritakake!
3. Gawea cengkorongan mau dadi crita sing ganep.
4. Ceritakna adat sing wis kotulis!
5. Wenehana biji kancamu anggone maju.
6. Adat siraman kuwi adat ana ing ngendi
|
2 jam
|
KBJ
Klas IX
|
Bangga
dan percaya diri
|
PEMETAAN
STANDAR ISI 8
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu membaca
bacaan sastra nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf
Jawa.
|
Membaca indah
Dhandhanggula
|
C3
|
1. Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang
dhandhanggula.
2.
Mampu membaca titilaras tembang
dhandhanggula.
3.
Mampu menembangkan tembang
dhandhanggula sesuai dengan titilaras.
4.
Mampu memparafrase tembang
dhandhnggula.
5.
Mampu menjawab pertanyaan tembang
dhandhanggula.
|
A2
C3
C3
C3
A2
|
Tembang Dhandhanggula
|
|
V
|
V
V
|
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem
Penilaian 8
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar
Kompetensi : Mampu membaca bacaan sastra, nonsastra dalam berbagai
teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Membaca indah
Dhandhanggula
|
Tembang
Dhandhanggula
|
1.
Menjelaskan ciri tembang
Dhandhanggula.
2.
Membaca titilaras Dhandhanggula.
3.
Menembangkan dhandhanggula.
4.
Memfaraprase tembang Dhandhanggula.
5.
Menjawab pertanyaan tembang.
|
1. Mampu menjelaskan ciri-ciri tembang
dhandhanggula.
6.
Mampu membaca titilaras tembang
dhandhanggula.
7.
Mampu menembangkan tembang
dhandhanggula sesuai dengan titilaras.
8.
Mampu memparafrase tembang
dhandhnggula.
9.
Mampu menjawab pertanyaan tembang
dhandhanggula.
|
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
|
Tertulis
Lisan
Lisan
Tertulis
Tertulis
|
1. Apa cirine tembang Dhandhanggula?
2. Wacanen
titilaras tembang Dhandhanggula!
3. Tembangke tembang Dhandhanggula!
4. Parafrasena
tembang Dhandhanggula!
5. Pira guru gatrane tembang Dhandhanggula?
|
2 jam
|
KBJ
Klas IX
|
Percaya
diri
|
PEMETAAN STANDAR ISI 9
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan
menulis paragraf berhuruf
Jawa.
|
Menulis
paragraf berhuruf Jawa dengan menerapkan angka Jawa.
|
C3
|
1. Mampu menulis angka Jawa secara terpisah.
2.
Mampu mengurutkan angka Jawa yang
diacak.
3.
Mampu menulis angka Jawa dalam
kalimat.
4.
Mampu menulis paragraf huruf Jawa
dengan penerapan angka Jawa.
|
C3
A1
C3
C3
|
Tembang Dhandhanggula
|
|
|
|
V
V
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem Penilaian 9
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar Kompetensi : Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis
paragraf berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Menulis
paragraf berhuruf Jawa dengan menerapkan angka Jawa.
|
Penerapan
angka Jawa
Dalam
paragraf
|
1.
menulis angka Jawa secara terpisah.
2.
mengurutkan angka Jawa yang diacak.
3.
menulis angka Jawa dalam kalimat.
4.
menulis paragraf huruf Jawa dengan penerapan angka Jawa.
|
1. Mampu menulis angka Jawa secara terpisah.
5.
Mampu mengurutkan angka Jawa yang
diacak.
6.
Mampu menulis angka Jawa dalam
kalimat.
7.
Mampu menulis paragraf huruf Jawa
dengan penerapan angka Jawa.
|
Tugas individu
Tugas individu
Tugas ndividu
Tugas individu
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
|
1. Tulisen angka iki!
(soal di
RPP)
2. Urutna
angka-angka iki wiwit saka sing cilik!
3. Tulisen ukara iki nganggo aksara lan angka
Jawa! (soal di RPP)
4. Owahana wacan kuwi
dadi aksara Jawa!
|
2 jam
|
KBJ
Klas IX
|
Percaya
diri
|
PEMETAAN STANDAR ISI 10
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh
|
Bercerita
tentang adat-istiadat
|
C3
|
1. mampu menyebut macam adat istiadat Jawa dengan referensi yang jelas
2. Mampu menyusun kerangka topik
adat yang akan
diceritakan 3. Mampu
mengembangkan kerangka topik cerita menjadi
konsep teks cerita
4. Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
5. Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan 6.
Mampu menjawab pertanyaan yang terkait
dengan cerita
|
A1
C3
A2
C3
B2
A2
|
Cerita adat
istiadat pernikahan/sesudahnya
|
|
V
V
V
V
|
|
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA,
S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem
Penilaian 10
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar Kompetensi : Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat,
gagasan, perasaan secara lisan melalui bercerita dalam
berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Bercerita
tentang adat-istiadat
|
Cerita adat
istiadat pernikahan/sesudahnya
|
1. menyebut macam adat istiadat Jawa dengan referensi yang jelas
2. menyusun kerangka topik adat yang akan
diceritakan
3. mengembangkan kerangka topik cerita menjadi
konsep teks cerita
4. Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
5. Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan
6. Mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita
|
1. mampu menyebut macam adat istiadat Jawa
dengan referensi yang jelas
2. Mampu menyusun kerangka topik adat yang akan
diceritakan
3. Mampu mengembangkan kerangka topik cerita menjadi
konsep teks cerita
4. Mampu bercerita sesuai dengan teks yang disusun.
5. Mampu menilai cerita teman dengan memberi alasan 6.
Mampu menjawab pertanyaan yang terkait
dengan cerita
|
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Lisan
|
1.
pilih salah siji topik iki: mantenan,
sunatan, tingkeban/ngandheg 7 sasi, tedhak siten/selapanan( upacara bayi
nembe lair umur selapan/35 dina).
2.
Ngrembakake topik kanthi cara sing
wis diterangake, yakuwi: apa, sapa, kepiye, geneya, kapan.
3.
Tulisen urut-urutan mau .
4.
critakna asil tulisanmu ana ngarep kelas, majua siji-siji, sukur tanpa
teks!
|
2 jam
|
KBJ Klas IX
|
Percaya diri
|
PEMETAAN
STANDAR ISI 11
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu membaca bacaan sastra
nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan, bacaan berhuruf Jawa
|
Membaca nyaring cerita wayang
Ramayana
|
C3
|
1 Mampu membaca dengan suara yang jelas.
2 Mampu melafalkan kata-kata dengan lafal,
intonasi, ejaan yang benar.
3 Mampu membaca nyaring dengan suara lagu,
intonasi,ekspresi dan lafal yang tepat
4 Mampu
menjelaskan isi bacaan .
5 Mampu
menuliskan kembali isi bacaan secara
ringkas
6 Mampu
menuliskan alur cerita setiap adegan
|
C3
C3
C3
A2
A2
A2
|
Lakon Ramayana
sesudah pengembaraan Rama.
|
|
V
|
V
V
V
|
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus
dan Sistem Penilaian 11
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar Kompetensi : Mampu membaca bacaan sastra,
nonsastra dalam berbagai teknik membaca, dan bacaan berhuruf Jawa
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Membaca nyaring cerita wayang
Ramayana
|
Lakon
Ramayana sesudah pengembaraan Rama.
|
1. membaca dengan suara yang jelas
2. melafalkan kata-kata dengan lafal, intonasi,
ejaan yang benar.
3. membaca nyaring dengan suara lagu,
intonasi,ekspresi dan lafal yang tepat
4. menjelaskan isi
bacaan
5. menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas
6. menuliskan
alur cerita setiap adegan
|
1 Mampu membaca dengan suara yang jelas.
2 Mampu melafalkan kata-kata dengan lafal,
intonasi, ejaan yang benar.
3 Mampu membaca nyaring dengan suara lagu,
intonasi,ekspresi dan lafal yang tepat
4 Mampu
menjelaskan isi bacaan .
5 Mampu
menuliskan kembali isi bacaan secara
ringkas
6 Mampu
menuliskan alur cerita setiap adegan
|
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
Tugas individu
|
Lisan
Lisan
Lisan
Tertulis
Tertulis
Tertulis
|
1.
Wacanen
wacan iki kanthi swara sing cetha!
2.
Ucapna
tembung-tembung ing ngisor iki kanthi pocapan sing bener!
3.
Wacanen
wacan iki kanthi swara sing cetha lan lagu sing bener!
4.
Apa
isine wacan mau?
5.
Tulisen
ringkesane crita mau!
6.
Tulisen
alur crita mau !
|
2 jam
|
KBJ Klas IX
|
Percaya diri
|
PEMETAAN
STANDAR ISI 6
MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA KELAS/SEMESTER
: IX/ Gasal
SK
|
KD
|
THP
|
INDIKATOR
|
THP
|
MATERI POKOK
|
RUANG LINGKUP *)
|
ALOKASI WAKTU
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||||||
Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan pendapat, dan perasaan dalam, berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan
menulis paragraf berhuruf
Jawa.
|
Menulis susastra sederhana, misalnya geguritan atau cerita rakyat
|
C3
|
1. Mampu
menentukan kerangka topik karangan
2 . Mampu menjelaskan aspek yang diperhatikan
dalam menulis sastra
3. Mampu
mengembang kerangka topik menjadi cerita /geguritan
4. Mampu
mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik dan benar
5 . Mampu menjawab pertanyaan yang terkait dengan
kegiatan menulis
|
A1
A2
C3
C3
A2
|
Geguritan
|
|
V
V
V
|
|
V
V
|
2 jam
|
Mengetahui : Penawangani, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah, . Guru Mata Pelajaran,
MOH. AMIN, M. Pd DARYATA, S. Pd
NIP.
19631012 198601 1 004 NIP. 19680310 200212 1 003
Silabus dan Sistem
Penilaian 6
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/
Semester : IX / 1
Standar
Kompetensi : Mampu
mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis
karangan menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis
paragraf berhuruf Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Uraian dan Pokok Materi
|
Pengalaman Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
|
Karakter
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
Menulis susastra sederhana, misalnya geguritan atau cerita rakyat
|
Geguritan
|
1. menjelaskan aspek yang diperhatikan dalam
menulis sastra
2. menentukan kerangka topik karangan
3. mengembangkan kerangka topik menjadi cerita /geguritan
4. mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang
baik dan benar
5.
menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis
|
1. Mampu menentukan kerangka topik karangan
2 Mampu
menjelaskan aspek yang diperhatikan dalam menulis sastra
3 Mampu
mengembang kerangka topik menjadi cerita /geguritan
4 Mampu
mengedit hasil tulisan menjadi tulisan yang baik dan benar
5 Mampu
menjawab pertanyaan yang terkait dengan kegiatan menulis
|
Tugas individu
Tugas individu
|
Tertulis
Tertulis
|
1.
Gawea geguritan kanthi cara kaya
ngarep, yaiku goleka ide, critakna ide mau, banjur gawenen geguritan, yen wis
rmpung, wenehana irah-irahan.
2.
Ide sing bisa dipilih upamane:
a. Ketiga suwe durung udan
b.
Lalu lintas sing saben esuk macet
c. Katresnanmu marang
kanca sakelas
d.
Bektimu marang wong tuwa
e. Bektimu marang nusa lan bangsa
|
2 jam
|
KBJ Klas IX
|
Percaya diri
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar